Selat Indonesia Menyimpan Pulau yang Indah

Selat Indonesia Menyimpan Pulau yang Indah

Beberapa pulau di Indonesia dipisah oleh Selat Indonesia Menyimpan Pulau yang indah pada setiap tempat mempunyai nama. Kesempatan ini kita tidak mengulas nama selat, tetapi pulau yang posisinya ada di selat.

Selat Indonesia Menyimpan Pulau yang Indah

Memangnya ada? Ada kok, walau tidak seluruhnya selat! Karenanya, kamu harus tahu kehadiran lima pulau Selat Indonesia Menyimpan Pulau eksotis yang jarang-jarang terpampang ini. Siapa tahu jadi tujuan liburan kamu selanjutnya.

Indonesia Dengan Pulau Eksotis

  1. Pulau Pongok

Selat Indonesia Menyimpan Pulau eksotis adalah pulau Simak atau yang sekarang dikenali bernama Pulau Pongok ialah pulau eksotis yang menempati Selat Gaspar. Pulau ini ada di Bangka dan Belitung.

Baca Juga: Keindahan Mutiara Afrika

Jarang-jarang terpampang, pulau ini terciprat keelokan dari 2 pulau yang mengepungnya. Tiba waktu saat yang pas, kamu bisa melihat lomba perahu ketuk yang dilaksanakan oleh warga Pulau Pongok.

  1. Pulau Sangiang

Siapa kira bila di Banten simpan pulau cantik yang elok yang namanya Sangiang. Kemungkinan Pulau Sangiang masih asing di telinga Anda. Sangiang ialah satu pulau kecil yang memiliki panorama benar-benar cantik. Pulau Sangiang berada di Dusun Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Propinsi Banten, Indonesia. Pulau Sangiang sendiri bukan satu tempat rekreasi yang sarat dengan sarana, tetapi kurangnya sarana seperti pulau yang raib itu malah jadi daya magnet tertentu dari pulau ini untuk didatangi.

Pulau Sangiang ini adalah Taman Rekreasi Laut yang berada di Banten. Beberapa pelancong yang telah bertandang ke sana banyak yang mengatakan selaku Seven Wonders of Banten. Panggilan Seven Wonders of Banten yang diberi pada Pulau Sangiang bukan tanpa akibat. Pulau eksotik ini tawarkan banyak keelokan rekreasi di Banten. Pulau ini mempunyai beberapa pantai yang cantik. Bila bertandang ke pulau ini, anda bisa menyaksikan bermacam jenis tanaman ciri khas seperti dadap laut, cemara laut, ketapang bayur, api-api, waru laut, nyamplung dan walikukum.

Disamping itu ada bermacam jenis hewan yang diproteksi seperti dara laut, elang laut, belibis, burung camar dan bermacam biota laut yang lain jadi daya magnet tertentu untuk Pulau Sangiang. Ditambahkan pulau pantai yang berpasir putih dan air laut yang jernih bersatu prima dengan hijaunya pohon-pohon yang tumbuh disekitar pulau ini membuatnya makin eksotis dan menarik. Pulau Sangiang mempunyai panorama alam yang mengagumkan cantik, pantai-pantainya yang elok dengan pasir putih bersatu dengan birunya laut, dan bermacam macam tumbuhan dan hewan sangat jarang yang menjadi object riset mempesona, dan warisan riwayat Perang Dunia kedua (PD-II) membuat Pulau ini makin eksotis dan benar-benar wajib buat didatangi.

Pulau Sangiang adalah kombinasi di antara rekreasi alam, bahari dan budaya. Hingga pengunjung bisa ke-3 perjalanan rekreasi dalam kurun waktu sekalian bersama di satu pulau. Pulau Sangiang mempunyai daya magnet tertentu untuk pelancong, khususnya yang mencintai rekreasi bahari. Keelokan alam dan pantai dan karang yang dihias ikan berwarna-warni adalah objek rekreasi khusus di teritori ini.

Rekreasi Alam yang ada yakni Anda bisa lintas alam, mendaki gunung, memfoto, naik sepeda, kemping dan nikmati pemandangan alam pantai yang agak miring atau pantai yang terjal. Posisi objek rekreasi alam ini berada dibagian barat, barat laut dan sisi selatan Pulau Sangiang dan sejauh pantai Batu Mandi dan seputar Gunung Gede. Dan untuk Rekreasi Budaya diantaranya Anda bisa nikmati/memperhatikan sisa-sisa perang dunia ke-2 , yakni berbentuk benteng-benteng sisa pertahanan Jepang. Posisi warisan riwayat ini terletak di seputar Pos TNI Angkatan laut.

Selanjutnya lanjut dengan memakai transportasi umum (angkot) warna ungu ke Simpang Tiga Cilegon dengan biaya seputar Rp3.000/orang dan dari Simpang tiga Cilegon ke arah dermaga Paku-Anyer dilanjut kembali dengan memakai transportasi umum (angkot) warna silver dengan biaya seputar Rp5.000/orang. Selanjutnya dari dermaga Paku Anda bisa sewa kapal/perahu motor untuk ke arah Pulau Sangiang dan cuman memerlukan waktu seputar 45 menit saja. Harga sewa perahu motor bergantung dari persetujuan di antara Anda dan pemilik perahu.

  1. Pulau Karimata

Kepulauan Karimata sendiri mempunya 3 pulau besar yang dapat kamu datangi dan cicipi. Bukan hanya sampai disana saja, ada pula 60 pulau kecil yang cukup mengagumkan dengan bermacam keelokan yang dijajakan. Dimulai dari diiving, snorkeling, mancing, atau nikmati senja romantis yang susah dilalaikan.

Di sini, cuman memiliki 3 Dusun saja, di mana beberapa besar warganya bermata pencarian selaku nelayan. Tidaklah aneh jika nyaris banyak kapal yang berakhir lalang dan bertumpu di sini. Untuk kamu yang pengin beli ikan ini, kamu langsung bisa berkunjung beberapa nelayan usai berlayar. Harga murah dan agunan ikannya benar-benar fresh, nikmat untuk diolah apa saja yang kamu ingin.

Tidak cukup hanya panoramanya saja yang cantik dan membuat kamu takjub. Tempat ini memiliki warga asli atau suku yang perlu kamu datangi. Mereka ialah Suku Galang yang memiliki adt istiadat dan budaya yang cukup kental, dapat kamu dalami dan cicipi sepanjang menelusuri tempat ini.

Sama seperti yang telah diterangkan di atas, jika Kepulauan Karimata memiliki keelokan bawah laut yang memesona. Bahkan juga, kamu akan dibikin kaget dan malas untuk berkedip. Panorama karang , ikan-ikan kecil yang mengagumkan dapat kamu cicipi. tumbuhan lautnya juga banyak dan bermacam.

Dari sisi fauna yang ada di sini, bukan hanya ikan kecil saja. Ada juga Duging, Kura-Kura Gading dan Tuntong. Untuk kamu yang pengin kemping dan melahap ikan-ikan yang sedap, kamu dapat coba memancingnya.

Ada beberapa spot memancing yang dapat kamu tentukan. Atau, kamu bisa juga turut beberapa nelayan yang lagi melaut saat malam hari. Janganlah lupa membawa semua peralatannya semua sendiri dari rumah. Sebab, di sini belum disiapkan sewa ruang untuk penuhi seluruh keperluan kamu.

Tidak boleh diduga, pulau ini tidak punyai Gunung ya. Pada tempat ini ada Gunung cabang yang disebut pucuk paling tinggi dari Pulau Karimata. Umumnya, jika sabtu minggu datang, banyak pendaki di luar Pulau Karimata akan coba nikmati keelokannya di atas sini.

Di kepulauan Karimata sendiri banyak juga berdiri beberapa warung yang sediakan bermacam jenis menu makanan ciri khas yang perlu kamu coba. Nyaris semua ialah olahan ikan yang pastnya nikmat dan sedap. Pada harga dimulai dari 20 beberapa ribu saja. Lumayan murah kan?

  1. Pulau Pura

Alor ialah satu pulau yang berada di ujung timur kepulauan nusa tenggara.Pulau Alor di NTT tawarkan keelokan Indonesia timur yang tanpa dua.

Propinsi Nusa Tenggara Timur sendiri terbagi dalam beberapa pulau, dan ibukota propinsi ini ada di Kupang.  Di sejauh jalan di Kota Kupang, kamu akan mendapati sangat banyak pohon lontar. Pohon lontar ini sangat berharga untuk masyarakat Kupang.

Alor memiliki 8 pulau yang memiliki penghuni dan 6 pulau yang tidak memiliki penghuni. Arah kita kesempatan ini ialah ke Pulau Kepa.

Jika kamu senang diving, kamu langsung bisa ke arah Selat Pantar. Selat pantar ada di Pulau Alor dan Pulau Pantar. Keelokan lautnya telah dianggap dunia bahkan juga taman laut selat pantar disebut selaku taman laut paling indah nomor dua di dunia sesudah taman laut karibia.

Dalam adat tangkap ikan, masyarakat Pulau Pura memakai perangkap ikan yang umum disebebut dengan bubu. Makin besar bubu yang dipakai karena itu makin dalam peletakannya. Kurang lebih sampai 10 mtr. dan untuk bubu yang kecil umumnya ditempatkan di kedalaman lebih kurang 3 mtr..

Luar biasanya masyarakat Pulau Pura ini, mereka menempatkan bubu tanpa memakai kontribusi oksigen. Kekuatan mereka berenang dan meredam napas benar-benar mempesona. Orang dewasa dan beberapa anak menyelam tanpa kontribusi alat. Seperti bernafas seperti umumnya, benar-benar mempesona.

Disamping itu, Pulau Pura populer dengan wilayah pemroduksi semacam tuak yang namanya Sopi. Tuak ini berawal dari pohon lontar.

  1. Pulau Paserang

Sesudah berkunjung Pulau Kenawa, kamu bisa juga berkunjung pulau eksotis yang lain yakni Pulau Paserang. Sarana yang dipunyai di Pulau Paserang lebih komplet dibanding dengan Pulau Kenawa, seperti terdapatnya toilet, pencahayaan listrik, dan saung. Beberapa pelancong dapat nikmati keelokan Pulau Paserang dengan lakukan trackking. Bila kamu pilih segi barat, karena itu kamu dapat nikmati keelokan Gunung Rinjani. Nah, bila kamu pilih segi timur, karena itu kamu bisa nikmati bentangan laut biru yang paling eksotis.

Disamping itu, kamu bisa juga berenang atau snorkeling sebab ombaknya lautnya yang tenang. Untuk harga ticket masuknya masih gratis lho guys, kamu cuman cukup sewa kapal untuk dapat ke arah pulau eksotis ini, yakni dengan ongkos sewa sejumlah Rp 500.000 dengan kemampuan optimal 10 orang. Dengan sewa kapal, kamu bisa juga berkunjung Pulau Kenawa, sebab posisi ke-2 nya yang bersisihan.

Itu barusan lima pulau di eksotis yang posisinya ada di sejumlah selat Nusantara. Jarang-jarang terpampang, kamu yang menyukai wisata ke pulau tidak ada kelirunya masukkan pulau di atas ke daftar berlibur seterusnya. Daya tarik cantiknya ditanggung tidak membuat menyesal!