Kebun Raya Menjadi Alternatif Liburan

Kebun Raya Menjadi Alternatif Liburan Ditengah Pandemik

Kemungkinan beberapa orang masih sangsi untuk pergi berlibur di tengah-tengah wabahk semacam ini sehingga kebun raya bisa menjadi alternatif liburan.

Tetapi, tidak dapat dipungkuri jika kita perlu berlibur. Nah, pilih tujuan di ruangan terbuka bisa saja opsi, seperti kebun raya misalkan.

Kebun Raya Menjadi Alternatif Liburan

Tujuan rekreasi ini lebih aman sebab ada di ruangan terbuka hijau. Kamu dapat lakukan beberapa aktivitas hebat, dimulai dari rekreasi, berpose, atau sebatas jalanan nikmati udara yang sejuk.

Wisata Kebun Raya Yang Dapat Kalian Kunjungi Selama Pandemi

Berikut Lima Kebun Raya Alternatif Liburan di Indonesia yang dapat kamu datangi di tengah-tengah wabahk, tentu saja dengan masih patuhi prosedur kesehatan ya!

  1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah rumah untuk 15.000 spesies flora ciri khas Indonesia. Di kebun selebar 87 hektar ini ada seputar 3.504 spesies tanaman dari 1.273 genus dan 199 kerabat.

Kamu dapat mendapati bermacam tipe tanaman dari bermacam wilayah yang berada di Indonesia. Diantaranya ialah bunga Rafflesia Arnoldi yang diketemukan oleh Thomas Stamford Raffles. Kecuali jadi penemu, dia jadi pencetus berdirinya Kebun Raya Bogor.

Tidak itu saja saja, di Kebun Raya Bogor kamu bisa juga mendapati Rumah Anggrek dengan koleksi seputar 3.000 tipe tanaman dari bermacam wilayah.

Lumrah bila Kebun Raya Bogor jadi spot asyik untuk kamu yang pengin habiskan berlibur bersama keluarga. Disamping itu, kebunnya yang luas membuat kamu tak perlu cemas berdesak-desakan dengan pengunjung.

Tidak itu saja saja, Kebun Raya Bogor punyai koleksi spesies tumbuhan yang tidak kalah menariknya di Taman Meksiko. Pada tempat ini kamu dapat mendapati tumbuhan cuaca kering yang diatur seperti habitat aslinya dan jadi taman yang eksotis, sebab ada di Bogor yang dikenali dengan panggilan kota hujan.

Taman ini mempunyai kekayaan koleksi lebih dari 100 spesies, seperti agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lain. Sejumlah besar koleksi itu berawal dari Amerika tengah dan Amerika Selatan, terhitung Meksiko.

Spesies yang berada di taman ini biasanya dipakai selaku tanaman hias, terutamanya tanaman dialek sebab mempunyai wujud yang memikat. Wujud yang unik ialah dari proses penyesuaian hidupnya di cuaca kering, misalkan dengan mereduksi ukuran daun, bahkan juga menggantinya jadi duri, mengganti tangkai jadi tempat fotosintesis, dan wujud penyesuaian yang lain hingga bisa meresap dan simpan air semaksimal kemungkinan.

Kamu dapat tiba langsung ke kebun raya yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor tengah, Kota Bogor, Jawa Barat ini.

  1. Kebun Raya Cibodas

Masih ada di wilayah Jawa Barat, kamu bisa juga mendapati satu kebun raya yang tidak kalah menariknya, yakni Kebun Raya Cibodas. Berada di wilayah Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kebun raya yang ini bisa juga jadi tujuan yang dapat kamu datangi.

Kecuali Udaranya yang sejuk sebab ada di teritori Hutan Gunung Gede Pangrango, Kebun Raya Cibodas punyai bermacam koleksi tanaman dari bermacam wilayah di Indonesia. Di kebun raya selebar lebih dari 80 hektar ini ada 1.200 spesies flora, terhitung 350 spesies kaktus dan 360 tipe anggrek.

Selaku tempat pelestarian, Kebun Raya Cibodas mempunyai koleksi tanaman yang tersimpan di rumah kaca. Rumah kaca itu membuat perlindungan bermacam tipe tanaman sangat jarang yang hampir musnah.

Menariknya, kamu bisa juga mendapati satu tanaman sangat jarang, yakni bunga bangkai raksasa atau Amorphophallus titanum Becc.

Tidak itu saja, Kebun Raya Cibodas punyai bermacam spot asyik untuk beberapa foto atau berkeliling-keliling nikmati rindangnya pohon-pohon. Diantaranya kamu dapat mendapati Taman Sakura yang menyediakan panorama kebun ala-ala Jepang.

Tidak cuman Taman Sakura, kamu bisa juga melihat panorama Taman Lumut yang banyak seputar 235 tipe lumut.

Saat itu, di Taman Rhododendron kamu dapat mendapati satu taman yang punyai bermacam tipe bunga dari beberapa negara, seperti Indonesia, Jepang, sampai China.

  1. Kebun Raya Eka Karya

Tidak cuman Jawa Barat, Bali punyai kebun raya yang memikat untuk didatangi waktu berlibur #DiIndonesiaAja. Namanya ialah Kebun Raya Eka Karya atau Kebun Raya Bali.

Sama dengan kebun raya awalnya, Kebun Raya Bali punyai bermacam koleksi tanaman dari bermacam wilayah di Indonesia. Menariknya, kebun raya yang berada di teritori rekreasi Bedugul, Dusun Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali ini adalah kebun raya paling besar dan terluas di Pulau Dewata.

Kebun selebar 50 hektar ini simpan bermacam tipe koleksi tanaman, dimulai dari anggrek, tumbuhan paku dan lumut, begonia, kaktus, tanaman air, dan lain-lain.

Kecuali dapat nikmati segarnya beberapa tumbuhan hutan hujan tropis, kamu bisa juga nikmati keelokan dan kicauan burung-burung yang berada di seputar kebun raya ini. Ada juga bermacam pertunjukan rekreasi yang dapat dicoba, diantaranya ialah Bali Treetop Adventure Park, yang menyediakan bermacam sarana outbound dan lain-lain.

Di Kebun Raya Bali ini kamu bisa juga jalan-jalan nikmati panorama atau berpose riang dengan keluarga atau rekan-rekan. Tetapi, bila tidak ingin capek-capek berjalan mengelilingi kebun raya ini, kamu dapat mencoba mobil rekreasi yang akan melingkari Kebun Raya Eka Karya.

  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Dari Bali berubah ke Bandung, ada satu kebun raya yang tidak kalah menariknya buat kamu datangi, yakni Taman Hutan Raya Juanda. Untuk kamu pencinta rekreasi alam, Taman Hutan Raya Juanda atau yang dikenal juga Tahura Juanda jadi lokasi yang jangan dilewati demikian saja.

Taman paling besar yang pernah dibuat oleh Pemerintahan Hindia Belanda ini sebelumnya adalah hutan lindung namanya Hutan Lindung Pulosari, dengan luas 590 hektar.

Tahura Djuanda adalah teritori pelestarian yang memadankan alam sekunder dengan hutan tanaman. Di tahun 1963, bermacam tipe tanaman kayu asing yang dari luar wilayah dan luar negeri, ditanamkan pada tempat selebar 30 hektar di seputar plaza dan gua yang terbagi dalam 40 kerabat, 112 spesies dalam jumlah diprediksi 2.500 pohon.

Fauna yang ada dalam teritori Tahura Djuanda diantaranya musang, tupai, kera, dan bermacam tipe burung seperti kepodang, ketilang dan ayam hutan.

Saat itu, bermacam rutinitas dapat dilaksanakan di Taman Hutan Raya Djuanda, seperti hiking di gua, trackking, atau olahraga. Kamu bisa juga berkunjung beberapa tempat wisata sekalian, dimulai dari Gua Belanda, Gua Jepang, Tebing Keraton sampai curug dan air terjun.

Untuk kamu yang suka telusuri gua, Gua Jepang menjadi lokasi yang mengetes adrenalinmu. Karena, gua monumental yang dibuat pada 1942 ini kabarnya punyai nuansa mistik.

Ada 18 bunker yang pada kondisi sama dengan aslinya. Bunker-bunker ini juga mempunyai peranan yang berbeda, misalkan selaku tempat pengintaian, tempat penembakan, ruangan tatap muka, gudang dan dapur.

Bunker-bunker ini dibuat dalam jarak bersisihan, seputar 30 mtr.. Kabarnya, untuk membuat Gua Jepang ini, militer Jepang manfaatkan warga Indonesia secara paksa atau kita mengenal dengan romusha.

Buat yang pengin nikmati sejuknya udara ciri khas pegunungan atau spot photo yang canggih, kamu dapat singgah ke Tebing Keraton. Diselimuti kabut tipis, di atas Tebing Keraton kamu dapat menyaksikan panorama Lembang saat sunrise dan sunset yang mempesona.

  1. Bandung Zoological Garden

Paling akhir, kebun raya yang dapat kamu datangi ialah Bandung Zoological Garden. Berada di Jalan Kebun Binatang Nomor 6, Bandung Zoological Garden mempunyai lebih dari 800 pribadi koleksi satwa. Dimulai dari kelas mamalia, aves, reptil dan pisces.

Bukan hanya untuk sebatas piknik saja, pengunjung yang tiba ke kebun binatang. Ini bisa juga berhubungan dan berpose bersama satwa di saat dan tempat tertentu. Tentu saja, dua aktivitas itu aman dilaksanakan, sebab ada pemantauan dari zookeeper handal yang bekerja.

Ada berapakah sarana yang dapat kamu dapatkan di Bandung Zoological Garden. Dimulai dari rasakan kesan naik unta tunggang, gajah tunggang, kuda tunggang, sampai menyaksikan perlihatkan satwa menggemaskan.

Beberapa sarana simpatisan bisa juga digunakan oleh pengunjung seperti naik perahu kayuh. Main di taman bermain, kuliner dan beli oleh-oleh untuk kenangan.

Itulah lima rekreasi kebun raya yang dapat opsi berliburmu di tengah-tengah wabah. Selalu taati prosedur kesehatan yang berjalan dan menjaga kebersihan tempat rekreasi, ya!

Untuk mengetahui berbagai informasi tentang tempat rekreasi maupun lokasi wisata indah bisa langsung kunjungi halaman situs https://indo-camp.com